Daftar Isi:
  • Penjualan merupakan faktor internal yang terpenting bagi suatu perusahaan untuk mencapai tujuannya secara optimal yaitu meningkatkan pendapatan perusahaan yang selanjutnya akan mendapatkan laba dari hasil pendapatan tersebut. Metode implementasi harga transfer merupakan salah satu langkah yang dapat diterapkan dalam upaya memperoleh laba yang maksimal. Dengan metode implementasi harga transfer, perusahaan akan memperoleh pendapatan tidak hanya dari penjualan ke pihak luar perusahaan saja, tetapi juga dari laba kontribusi divisi yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan dari implementasi metode harga transfer terhadap laba divisi pada perusahaan. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah dengan menggunakan metode analitik deskriptif, dengan teknik pengumpulan data mencakup observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode implementasi harga transfer di PT. Rabbit Jaya Print belum memadai. Hal ini disebabkan oleh masalah terlalu dominanya manajer puncak dalam penentuan harga transfer, sehingga divisi yang ada masih diperlakukan sebagai pusat laba. berdasarkan hasil observasi yang dibandingkan dengan teori yang ada, maka dapat ditarik kesimpulan berupa metode implementasi harga transfer yang dilakukan secara memadai dapat berpengaruh terhadap pengukuran laba divisi perusahaan.