Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Agresivitas Pajak Perusahaan: Studi Empirik pada Perusahaan Sektor Pertambangan Periode 2009-2012 di Bursa Efek Indonesia
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh corporate social resposibity (CSR) terhadap agresivitas pajak perusahaan. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Corporate Social Responsibility (CSR) yang diukur dengan menggunakan CSR Disclosure Index. Sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah agresivitas pajak yang diukur menggunakan ukuran effective tax rates (ETR). Penelitian ini merupakan replikasi dari penelitian yang dilakukan oleh Lanis dan Richardson (2012) dengan menggunakan perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di BEI pada tahun 2009-2012 sebagai sampel penelitian. Sampel penelitian dipilih dengan metode purposive sampling dan data dianalisis menggunakan model analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat pengungkapan CSR suatu perusahaan, semakin rendah tingkat agresivitas pajaknya.