Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasiberkarir sebagai auditor eksternal terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) pada perguruan tinggi swasta di bandung yang menyelenggarakan PPAk yaitu Universitas Kristen Maranatha dan Universitas Widyatama. Data yang digunakan diperoleh dari kuesioner yang disebar kepada mahasiswa akuntansi peserta PPAk di Universitas Kristen Maranatha dan Universitas Widyatama. Penggunaan variabel terikat dalam penelitian ini adalah minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti PPAk dan variabel bebas adalah motivasi. Dalam penelitianini, peneliti membatasi motivasi tersebut berdasarkan teori motivasi Clayton Alderferya itu Existence Needs, Relatedness Needs, dan Growth Needs. Metode statistik yang digunakan adalah regresi linier berganda dan pada perhitungannya digunakan SPSS ver. 15.0.pengujian hipotesis dilakukan dengan uji-F statistik dan uji-t statistik pada taraf nyata 5%.Hasil pengujian dengan uji-F menunjukan Existence Needs, Relatedness Needs, Growth Needs secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti PPAk.Untuk hasil pengujian dengan uji-t menunjukkan bahwa Existence Needs, Relatedness Needs, Growth Needs secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk).