Daftar Isi:
  • Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) adalah pendidikan lanjutan pada pendidikan tinggi untuk mendapatkan gelar profesi akuntan, yang harus dijalani setelah selesai menempuh pendidikan program sarjana atau strata satu (S-1) ilmu ekonomi pada jurusan akuntansi. Program tersebut diharapkan mampu mempersiapkan peserta didiknya untk memulai karier profesional dalam bidang akuntan, sehingga dengan adanya Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) tersebut dapat menciptakan tenaga kerja profesional yang berkualitas, mampu bersaing dan memiliki keunggulan kompetitif yang tinggi. Sehubungan dengan hal tersebut, maka penulis tertarik untuk meneliti apakah motivasi ikut serta mempengaruhi minat mahasiswa akuntansi Universitas Kristen Maranatha utnk mengikuti PPAk. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh dari motivai terhadap minat mahasiswa untuk mengikuti PPAk. Serta untuk membuktikan apakah terdapat perbedaan minat antara mahasiswa akuntansi yang telah mengikuti mata kuliah auditing dengan mahasiswa yang belum mengikuti mata kuliah auditing. Untuk tujuan pengujian hipotesis tersebut, digunakan aplikasi program SPSS 20.0. Dari hasil pengujian, diperoleh kesimpulan bahwa motivasi kualitas dan biaya serta lamanya pendidikan memiliki pengaruh terhadap minat mahasiswa untuk mengikuti PPAk. dengan pengaruh sebesar 22%. Sedangkan perbedaan minat antara mahasiswa yang telah mengiktui mata kuliah auditing dan yang belum mata kuliah auditing diperoleh tingkat signifikan 0,054 yang lebih kecil dari tingkat signifikansi 0.10. Hal ini mengindikasikan bahwa memang terdapat perbedaan minat antara mahasiswa yang telah mengikuti mata kuliah auditing dengan mahsiswa yang belum mengikuti mata kuliah auditing.