Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan, Tingkat Inflasi, Nilai Kurs Rupiah, terhadap Harga Saham (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008 s/d 2011)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi harga saham. Apakah Ukuran Perusahaan, Tingkat Inflasi, Nilai Tukar baik secara parsial maupun simultan berpengaruh terhadap Harga saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Data yang digunakan adalah laporan keuangan dari masing-masing perusahaan sampel, yang didapatkan melalui Website Bursa Efek Indonesia. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan metode purposive sampling diperoleh sampel sebanyak 40 perusahaan manufaktur sebagai objek penelitian selama tahun 2008 s/d 2011. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kausal dan bersifat replikasi terhadap penelitian sebelumnya. Variabel independen dalam penelitian ini adalah total asset, tingkat inflasi, dan tingkat pertukaran IDR terhadap USD. Variabel dependen adalah harga saham. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan pengujian asumsi klasik, serta analisis statistik yaitu analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini adalah ketiga variabel independen berpengaruh signifikan terhadap Harga saham secara bersama-sama. Secara parsial ukuran perusahaan dan nilai kurs berpengaruh signifikan terhadap Harga saham. Hanya tingkat inflasi yang tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap harga saham.