Daftar Isi:
  • Pajak merupakan salah satu sumber daya yang mendukung devisa negara , karena itu kepatuhan pajak sangat penting untuk meningkatkan pajak tujuan revenues. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan account representative terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Kualitas pelayanan diukur berdasarkan bukti fisik, keandalan, ketanggapan, jaminan, dan empati responden. Data yang diperoleh yaitu bentuk data primer yang berasal dari penyebaran 110 kuesioner kepada 110 wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Bandung Karees, menggunakan metode Random Sampling dengan rumus Slovin. Data penelitian kemudian diuji dengan regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS versi.16.0. Hasil analisis model regresi menunjukkan secara simultan bukti fisik, keandalan, ketanggapan, jaminan, dan empati memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Sedangkan secara parsial variabel bukti fisik, keandalan , ketanggapan , dan jaminan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi, hanya variabel empati yang memiliki pengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak . Hal ini berarti bahwa kepatuhan wajib pajak dipengaruhi oleh kualitas pelayanan account representative terutama diemensi empati.