Pengaruh Citra Merek Produk Nokia terhadap Loyalitas Konsumen
Daftar Isi:
- Pentingnya loyalitas konsumen dalam pemasaran tidak diragukan lagi. Pemasar sangat mengharapkan dapat mempertahankan konsumennya dalam jangka panjang, bahkan jika mungkin untuk selamanya. Seorang konsumen yang loyal akan menjadi aset yang sangat bernilai bagi organisasi. Konsumen yang loyal akan mengurangi usaha mencari konsumen baru, memberikan umpan balik positif kepada organisasi. Konsumen yang loyal mempunyai kecenderungan lebih rendah untuk berpindah merek, kurang sensitif terhadap harga, membeli lebih sering dan/atau lebih banyak, menjadi strong word of mouth, menciptakan business referrals. Kajian mendalam tentang citra merek akan memberikan gambaran yang lengkap dan komprehensif kepada pemasar tentang loyalitas konsumen. Gambaran yang komprehensif tentang loyalitas akan membantu pemasar untuk mengelola loyalitas konsumen. Melalui penelitian ini, peneliti mencoba meneliti tentang “Pengaruh Citra Merek Produk Nokia Terhadap Loyalitas Konsumen” sebagai objek penelitian yang berjumlah 205 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dan purposive sampling. Adapun hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh citra merek produk nokia terhadap loyalitas konsumen secara sebesar 72,6% yang diuji menggunakan analisis regresi sederhana. Pengujian dilakukan dengan SPSS versi 17.0. Menjalin kedekatan dengan pelanggan serta menjalin hubungan jangka panjang yang baik dengan pelanggan sangat perlu dilakukan oleh Nokia agar loyalitas konsumen terhadap produk handphone merek Nokia selalu dapat dipertahankan.