Pengaruh Penerapan Sistem Pengendalian Manajemen dan Pembelajaran Organisasi Terhadap Efektivitas Pemasaran: Studi Kasus pada PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero)
Daftar Isi:
- Saat ini keadaan perekonomian dunia sudah memasuki era globalisasi dimana sangat dirasakan persaingan antar perusahaan yang menuntut setiap perusahaan untuk dapat meningkatkan daya saingnya. Maka untuk mewujudkan terciptanya kualitas daya saing yang tepat dapat melalui peningkatan pemasaran hasil produksi perusahaan, efektivitas dan efisiensi kegiatan pemasaran serta konsep pemasaran yang baik dan berkualitas dalam memasarkan barang atau jasa. Suatu perusahaan harus menempatkan perhatian lebih dalam pengendalian manajemen kegiatan pemasaran. Selain pengendalian manajemen yang tepat, perusahaan juga harus memiliki pengetahuan yang memadai. Dalam konteks perusahaan, pengetahuan yang tepat diperoleh melalui pembelajaran organisasi yang ditunjukkan dengan kinerja sumber daya manusia dalam upaya memasarkan barang atau jasa. Berkenaan dengan hal tersebut, maka penelitian ini mencoba untuk mengidentifikasi variabel yang mempengaruhi efektivitas pemasaran. Maksud dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh atas penerapan sistem pengendalian manajemen dan pembelajaran organisasi terhadap efektivitas pemasaran. Penulis melakukan penelitian di PT. Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) dimana perusahaan ini bergerak dalam bidang penjualan barang dan jasa telekomunikasi. Penelitian ini menggunakan metode eksplanatori dimana sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling dan pengumpulan data dengan teknik angket kuesioner. Model regresi berganda digunakan dalam penelitian ini sebagai model analisis data. Hasil penelitian menunjukkan penerapan sistem pengendalian manajemen secara parsial berpengaruh terhadap efektivitas pemasaran, penerapan pembelajaran organisasi secara parsial berpengaruh terhadap efektivitas pemasaran, dan penerapan sistem pengendalian manajemen dan pembelajaran organisasi secara simultan berpengaruh terhadap efektivitas pemasaran.