Pengaruh Brand Ambassador Agnes Monica terhadap Brand Image (Studi Kasus pada Produk Kopi Kapal Api di Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Kristen Maranatha)
Daftar Isi:
- Dalam memilih suatu produk yang akan dibeli, konsumen memiliki beberapa kriteria tersendiri sesuai dengan karakteristik dari konsumen itu sendiri. Salah satu penilaian yang dihjadikan patokan bagi konsumen adalah Brand Image atau Citra Merek. Citra Merek tidak akan pernah lepas dari suatu barang. Oleh karena itu, pada saat perusahaan menawarkan produknya ke pasaran, perusahaan perlu memperhatikan dan membentuk Brand Image barangnya agar dapat diterima oleh konsumen, salah satunya dengan menggunakan Brand Ambassador. Atas dasar uraian diatas, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang berlokasi di Universitas Kristen Maranatha, Bandung. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh Brand Ambbasador terhadap Brand Image konsumen pada Kopi Kapal Api. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode survey dengan menyebarkan kuesioner untuk mendapatkan data-data yang diperlukan sebanyak 100 orang responden. Untuk membuktikan Brand Ambbasador mempunyai pengaruh terhadap Brand Image konsumen, maka dalam penelitian ini digunakan perhitungan statistik dengan perhitungan regresi. Dari hasil perhitungan statistik dengan perhitungan regresi yang telah dilakukan melalui program SPSS 20.00 maka diperoleh tingkat pengaruh sebesar 0,517 yang berarti Brand Image memiliki pengaruh sebesar 51,7% terhadap Brand Image Kopi Kapal Api, sedangkan sisanya 48,3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Dari nilai signifikansi diperoleh sebesar 0.000 karena 0.000 < 0.05 maka hal ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Dari penjelasan diatas menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Brand Ambassador dengan Brand Image, maka kenaikan ataupun penurunan salah satu dari kedua variabel tersebut akan menaikkan atau menurunkan variabel lainnya karena pengaruhnya positif.