Peranan Analisis Biaya Kualitas dalam Upaya Meningkatkan Profitabilitas (Studi Kasus pada Wedding Cake PT. CREAM AND LACE)
Daftar Isi:
- Seiring dengan perekonomian Indonesia yang berkembang pesat akan berdampak pada perusahaan yang dituntut untuk tetap bertahan bahkan menciptakan daya saing yang tinggi dengan para pesaing dalam memperebutkan pangsa pasar. Tingkat persaingan yang tinggi mengakibatkan perusahaan harus dapat menghasilkan suatu produk atau jasa yang mempunyai keunggulan bersaing dari segi kualitas. Produk berkualitas akan mudah mendapatkan keuntungan karena poduknya terjual. Biaya yang dikeluarkan untuk meningkatkan kualitas disebut biaya kualitas. Biaya kualitas diperlukan perusahaan untuk mengetahui seberapa besar biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk meningkatkan kualitas sehingga meningkatkan profitabilitas perusahaan. Objek Penelitian ini adalah PT. Cream and Lace. Variabel yang diteliti adalah biaya kualitas dan profitabilitas yang diukur melalui tingkat EBIT perusahaan. Data diambil dengan studi lapangan dan studi kepustakaan. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis data kuantitatif dan analisis deskriptif komparatif. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji signifikansi simultan (Uji-F) dan pengukuran koefisien determinasi (Rkuadrat). Hasil dari penelitian ini adalah nilai EBIT signifikan dipengaruhi oleh besarnya biaya kualitas secara simultan tanpa mengurangi kualitas produk yang akan dihasilkan secara efisien.