Daftar Isi:
  • Dunia usaha berkembang pesat, hal tersebut membuat persaingan juga semakin ketat. Agar dapat bertahan, perusahaan harus melaksanakan fungsi manajemen dengan baik, yaitu perencanaan yang matang, pelaksanaan, pengendalian, serta evaluasi manajemen. Tujuan utama perusahaan yang berorientasi laba yaitu memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya. Laba atau rugi sangat berkaitan dengan tingkat penjualan, salah satu cara yang dapat dilakukan untuk dapat meningkatkan penjualan adalah dengan melakukan perencanaan, khususnya perencanaan anggaran penjualan. Dalam penyusunan skripsi ini, penulis melakukan penelitian pada CV.Key Co Custom Product Manufacturer Bandung, merupakan sebuah perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang konfeksi. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana prosedur dan kebijakan perusahaan dalam mengelola penjualannya, dan bagaimana pengaruh anggaran penjualan terhadap efektivitas penjualan. Perusahaan melakukan penyusunan anggaran penjualan satu tahun sekali, yang di bagi ke dalam dua semester. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat diketahui, bahwa terdapat penyimpangan negatif pada semester ke dua, di tahun 2007 dan 2009 disebabkan oleh kerusakan mesin, kurangnya promosi, dan penurunan kinerja karyawan. Perusahaan menetapkan batas toleransi penyimpangan sebesar 5% per tahun. Realisasi penjualan tiap tahun, selalu melebihi anggaran yang telah ditetapkan, bahkan penjualannya terus meningkat dari tahun sebelumnya. Anggaran penjualan mempengaruhi efektivitas penjualan, karena dapat dijadikan dasar untuk mencapai target penjualan, dan mengevaluasi hasil penjualan.