Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk melihat korelasi antara Self -Compassiondan Kecerdasan Emosional pada Guru SLB-C di Kota Bandung. Responden dalam penelitian ini berjumlah 76 orang. Guru SLB-C menghadapi kesulitan kesulitan mengajar yang membuat guru membutuhkan pengelolaan emosi yang disebut dengan kecerdasaan emosional. Untuk memicu tumbuhnya kecerdasan emosional guru SLB-C membutuhkan kemampuan memberi pengertian pada diri sendiri ketika menghadapi kesulitan yang disebut dengan Self-Compassion. Berdasarkan pengolahan data didapatkan hasil r=0,479 dengan p≤0,5,artinya Self-Compassion berkorelasi positif secara signifikan terhadap Kecerdasan Emosional pada Guru SLB-C di Kota Bandung. Penelitian ini menyarankan agar guru SLB-C menjalani pelatihan Self-Compassion. Setelah menjalani pelatihan, diharapkan guru SLB-C dapat meningkatkan kecerdasan emosionalnya dalam aspek kesadaran diri, motivasi, dan keterampilan sosial.