Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai profil komitmen organisasi pada guru SMA Negeri “X” yang sudah bersertifikasi di kota Sukabumi dilihat melalui derajat komponen-komponen komitmen organisasi yaitu affective commitment, continuance commitment, dan normative commitment. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode studi deskriptif dengan teknik survei yang dilakukan pada 40 orang guru, menggunakan alat ukur komitmen organisasi yang diadaptasi serta dimodifikasi dari Organizational Commitment Questionnaire (OCQ) oleh Meyer dan Allen (1997). Alat ukur yang digunakan terdiri dari 22 item. Pengukuran validitas menggunakan rumus Rank Spearman dan diperoleh hasil validitas yang berkisar antara 0,408-0,902 dan realibilitas berkisar 0,726. Berdasarkan pengolahan data secara statistik, maka didapatkan hasil delapan profil komitmen organisasi yakni 35% guru SMA Negeri “X” yang sudah bersertifikasi di kota Sukabumi memiliki profil Aff (K), Con (K), Nor (K), 15 % guru memiliki profil Aff (K), Con (K), Nor (L), 12,5% guru memiliki profil Aff (K), Con (L), Nor (K), 10% guru memiliki profil Aff (K), Con (L), Nor (L), 12,5% guru memiliki profil Aff (L), Con (K), Nor (K), 7,5% guru memiliki profil Aff (L), Con (K), Nor (L), 0% guru memiliki profil Aff (L), Con (L), Nor (K), 7,5% guru memiliki profil Aff (L), Con (L), Nor (L). Kesimpulan mayoritas profil komitmen organisasi yang dimiliki oleh guru SMA Negeri “X” yang sudah bersertifikasi di kota Sukabumi adalah profil satu Aff (K), Con (K), Nor (K) dengan jumlah presentase 35%. Tidak ada guru SMA Negeri “X” yang sudah bersertifikasi di kota Sukabumi yang memiliki profil delapan komitmen organisasi Aff (L), Con (L), Nor (K). Faktor yang paling mempengaruhi komitmen organisasi adalah usia dan masa kerja guru di sekolah tersebut.