Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul “hubungan antara persepsi siswa terhadap penerapan student centered learning dan komponen school engagement di SMA “X” kota Bandung”, yang bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai hubungan antara persepsi siswa terhadap penerapan student centered learning dan komponen school engagement di SMA “X” kota Bandung. Jumlah responden dalam penelitian ini berjumlah 317 siswa. Alat ukur yang digunakan dibuat oleh peneliti dan rekan-rekan. Alat ukur pada penelitian ini terdiri dari dua kuesioner, Pertama yaitu school engagement dikonstruksi berdasarkan teori Fredricks dan kedua yaitu student centered learning dikonstruksi berdasarkan teori McCombs & Whisler. Validasi kuesioner menggunakan rank spearman dengan nilai diatas 0,3 dikatakan valid dan reliabel menggunakan alfa cronbach dengan nilai reliabilitas behavioral engagement sebesar 0,706, emotional engagement sebesar 0,776 dan cognitive engagement sebesar 0,712. Data hasil penelitian diolah dan dianalisis dengan menggunakan korelasi Spearman dengan program SPSS 16. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara persepsi siswa terhadap penerapan student centered learning dan behavioral engagement di SMA “X” kota Bandung, hubungan antara persepsi siswa terhadap penerapan student centered learning dan emotional engagement di SMA “X” kota Bandung dan hubungan antara persepsi siswa terhadap penerapan student centered learning dan cognitive engagement di SMA “X” kota Bandung. Bagi peneliti selanjutnya, disarankan untuk meneliti lebih lanjut mengenai kontribusi hubungan persepsi siswa terhadap penerapan student centered learning pada komponen school engagement serta faktor-faktor yang berpengaruh pada komponen school engagement.