Studi Deskriptif Mengenai Tipe Perilaku Konsumen dalam Membeli Telepon Selular Teknologi GSM pada Mahasiswadi Fakultas 'X' Universitas 'Y' Bandung
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul : Studi Deskriptif Mengenai Tipe Perilaku Konsumen Dalam Membeli Telepon Selular Teknologi GSM pada Mahasiswa Di Fakultas “X” Universitas “Y” Kota Bandung, yang diteliti oleh Ratih (0730156).Telepon selular (ponsel) merupakan alat telekomunikasi efisien yang menggunakan gelombang udara, sehingga praktis digunakan dimana dan kapan saja. Ponsel berteknologi Global System for Mobile (GSM) merupakan produk telekomunikasi yang paling diminati. Maksud penelitian ini adalah memperoleh gambaran tipe perilaku konsumen dalam membeli ponsel GSM. Penelitian bersifat deskriptif survey, dilakukan pada 30 orang sampel berusia 23-26 tahun. Alat ukur berupa kuesioner yang diadaptasi oleh peneliti berdasarkan teori Assael. Pengukuran data menggunakan skala Likert (ordinal) dengan item positif dan negatif. Pengolahan data menggunakan rumus korelasi rank Spearman program SPSS 21.0, sehingga diperoleh validitas berkisar antara 0,306 sampai 0,823, sedangkan reliabilitasnya menggunakan metode Alpha Cronbach sebesar 0,689. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tipe perilaku inertia 40%, complex decision making 36,7%, brand loyalty 13,3%, dan limited decision making 10%. Faktor-faktor yang berperan dalam menentukan keputusan membeli diantaranya faktor individual, seperti uang saku dan sumber dana membeli, serta faktor lingkungan, seperti pihak yang memengaruhi dalam memilih merek ponsel GSM. Kesimpulan penelitian ini adalah tipe perilaku konsumen yang paling banyak, yaitu inertia. Sementara itu, tipe perilaku konsumen yang paling sedikit adalah limited decision making. Peneliti menyarankan agar perusahaan produksi ponsel yang sudah popular di masyarakat, supaya mempertahankan kualitasnya. Bagi perusahaan produksi ponsel yang belum populer, diharapkan memiliki strategi dalam menyediakan fasilitas atau mengembangkan yang sudah ada guna menarik perhatian konsumen atau perlu promosi yang lebih gencar.