Studi Deskriptif tentang Derajat Kompetensi Interpersonal pada Siswa Program Akselerasi si SMA "X" Bandung
Daftar Isi:
- Penelitian ini diadakan untuk mengetahui gambaran derajat kompetensi interpersonal pada siswa program akselerasi di SMA “X” Bandung. Penelitian ini dilakukan terhadap seluruh siswa akselerasi baik tahun pertama maupun tahun kedua yang berjumlah 28 orang. Dalam penelitian ini alat ukur yang digunakan adalah 40 item Interpersonal Competence Questionaire (ICQ) yang dikembangkan oleh Buhrmester (1988), namun dimodifikasi oleh peneliti menjadi 50 item. Setelah melalui proses validasi item, terdapat 36 item yang valid. Di samping itu reliabilitas alat ukur ini tergolong tinggi (0,789). Hasil penelitian yang diperoleh adalah 82,14% siswa program akselerasi memiliki derajat kompetensi interpersonal yang tinggi dan 18,86% lainnya rendah. Selain itu siswa dengan derajat kompetensi interpersonal yang tinggi 84,64% mendapatkan dukungan berelasi dari teman sebaya dan 81,84% mendapatkan dukungan berelasi dari orang tua. Peneliti mengajukan saran agar siswa akselerasi laki-laki di SMA “X” Bandung lebih mengembangkan kemampuan dalam membuka diri. Pihak sekolahjuga disarankan untuk lebih melibatkan siswa akselerasi dalam kegiatan yang dapat mengembangkan keterampilan interpersonal. Di samping itu peneliti menyarankan agar dilakukan penelitian lanjutan mengenai derajat kompetensi interpersonal siswa program akselerasi dengan subjek penelitian yang jumlahnya lebih besar, misalnya dengan populasi seluruh siswa akselerasi di kota Bandung.