Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul Studi Deskriptif mengenai Self-efficacy pada Mahasiswa Dual Degree di Universitas “X” kota Bandung. Penelitian tersebut dilaksanakan untuk mengetahui gambaran derajat Self-Efficacy pada mahasiswa/I Dual Degree di Universitas “X” kota Bandung. Self-efficacy adalah keyakinan (belief) seseorang terhadap kemampuannya dalam mengorganisir dan melaksanakan arah-arah tindakan yang dibutuhkan untuk mengatur situasi-situasi yang prospektif (Bandura, 1997). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 38 orang. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian deskriptif dengan teknik survey. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuesioner Self-Efficacy yang terdiri dari 45 item. Alat ukur ini merupakan alat ukur yang disusun oleh peneliti berdasarkan teori Self-Efficacy dari Bandura (1997). Berdasarkan uji validitas diperoleh hasil berkisar antara 0,405 – 0,811. Sedangkan reliabilitas diperoleh 0,852. Berdasarkan pengolahan data, maka didapat hasil 50% mahasiswa memiliki derajat Self-efficacy yang tinggi. Sedangkan 50% mahasiswa memiliki derajat Self-efficacy redah. Kesimpulan yang diperoleh adalah persentase mahasiswa Dual Degree di Universitas “X” kota Bandung yang merasa yakin akan kemampuannya mencapai prestasi yang optimal sama besar dengan persentase mahasiswa Dual Degree yang merasa tidak yakin akan kemempuannya mencapai prestasi yang optimal. Peneliti mengajukan saran agar dilakukan penelitian mengenai studi kontribusi antara sumber-sumber self-efficacy dengan self-efficacy pada mahasiswa Dual Degree di Universitas “X” kota Bandung.