Studi Deskriptif Mengenai Explanatory Style Pada Siswa Kelas XI SMAN 'X' Kota Bandung Yang Berulang-ulang Mengikuti Remedial Beberapa Mata Pelajaran
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui gambaran explanatory style pada siswa kelas XI SMAN ‘X’ kota Bandung yang berulang-ulang mengikuti program remedial di beberapa mata pelajaran. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling dan sampel berjumlah 31 orang. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian deskriptif. Alat ukur yang digunakan merupakan terjemahan berbahasa Indonesia dari Attributional Style Questionnaire (ASQ) yang dibuat oleh Martin E.P. Seligman (1990) dan terdiri dari 48 item. Data yang diperoleh diolah menggunakan uji distribusi frekuensi. Berdasarkan pengolahan secara statistik, maka didapatkan persentase pessimistic explanatory style sejumlah 70,9%. Untuk explanatory style rata-rata adalah 22,6%. Sedangkan untuk optimistic explanatory style sejumlah 6,5%. Kesimpulan yang diperoleh adalah sebagian besar siswa remedial memiliki pessimistic explanatory style. Peneliti mengajukan saran agar dilakukan penelitian explanatory style terhadap siswa SD. Selain itu juga dapat dilakukan penelitian mengenai underachievement atau iklim sekolah yang berkaitan dengan explanatory style.