Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui jenis Learning Approach yang digunakan oleh mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas “X” Bandung yang mengontrak mata kuliah Konstruksi Alat Ukur Psikologi di tahun ajaran 2012-2013 dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Learning Approach menurut teori dari Biggs(1993) adalah pendekatan yang digunakan oleh seseorang dalam melakukan pengolahan terhadap informasi yang mereka dapatkan. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan non eksperimental dengan metode survei dan teknik kuesioner. Kuesioner yang digunakan merupakan modifikasi peneliti berdasarkan The Revised Two-Factors Study Process Questionnaire (R-SPQ-2F) dari John Biggs (2001). Item dalam kuesioner berjumlah 28 dengan rentang validitas antara 0.315-0.834 dan nilai reliabilitas 0.909 untuk item-item Deep Approach dan 0.823 untuk item-item Surface Approach. Populasi sasaran dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa/i yang mengontrak mata kuliah Konstruksi Alat Ukur Psikologi tahun ajaran 2012-2013 di Fakultas Psikologi Universitas “X” Bandung sejumlah 157 orang. Hasil dari penelitian ini adalah sebanyak 96 (61.1%) mahasiswa lebih menggunakan Surface Approach, 52 (33.1%) mahasiswa lebih menggunakan Deep Approach, dan 9 (5.7%) mahasiswa menggunakan Deep dan Surface Approach secara seimbang. Dalam penelitian ini, hasil yang diperoleh dari pengolahan data tentang faktor-faktor yang mempengaruhi tidak sesuai dengan teori yang dikemukakan oleh Biggs. Peneliti memberikan saran bagi mahasiswa yang tengah mengontrak mata kuliah Konstruksi Alat Ukur Psikologi agar mencoba meningkatkan rasa suka dan ketertarikan terhadap mata kuliah Konstruksi Alat Ukur Psikologi . Bagi tim dosen pengajar mata kuliah Konstruksi Alat Ukur Psikologi, disarankan untuk memberikan referensi bacaan untuk mahasiswa, meminta mahasiswa untuk membuat pertanyaan-pertanyaan tentang materi perkuliahan umtuk didiskusikan bersama, dan meminta mahasiswa untuk mencari dan menjelaskan hubungan antara materi yang dipelajari di mata kuliah Konstruksi Alat Ukur Psikologi dengan materi yang pernah mereka dapatkan sebelumnya.