Daftar Isi:
  • Topik yang dibahas penulis dalam Tugas Akhir ini adalah mengenai penanganan keluhan-keluhan tamu hotel yang terjadi di Swiss Arion Belhotel. Permasalahan yang terjadi diakibatkan oleh kurangnya pelatihan terhadap para pemagang yang diberikan oleh pihak hotel, penguasaan bahasa yang kurang sehingga mengakibatkan kesalahpahaman antara Guest Relation Officer (GRO) dan tamu hotel khususnya tamu asing. Hal tersebut berdampak pada kepuasan yang dirasakan oleh pengunjung hotel dan profesionalisme dalam bekerja. Solusi potensial pertama untuk masalah ini adalah memberikan pelatihan kepada para pemagang dan karyawan hotel baik teori maupun praktek. Solusi potensial yang kedua adalah mengadakan kelas bahassa inggris lebih sering dari yang telah diadakan untuk memaksimalkan pemahaman bahasa Inggris untuk para karyawan dan pemagang. Solusi yang ketiga adalah ketika menghadapi keluhan dari para tamu, pemagang didampingi pembimbing. Setelah membandingkan efek positif dan negatif dari ketiga solusi ini, penulis memilih solusi ketiga sebagai solusi terbaik