Studi Deskriptif Mengenai Loyalitas Konsumen Pada Mira Beuty Skin Care Cabang Pasar Baru Bandung
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh gambaran mengenai Tipe Loyalitas Konsumen pada Mira Beauty Skin Care Cabang Pasar Baru Bandung. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik accidental sampling, dan jumlah sampel pada penelitian ini adalah 41 konsumen Mira Beauty Skin Care Cabang Pasar Baru Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan teknik survei. Alat ukur yang digunakan adalah Kuesioner Loyalitas Konsumen yang dirancang oleh peneliti berdasarkan teori dari Dick and Basu (1994). Data yang diperoleh selanjutnya diolah dengan menggunakan distribusi frekuensi dan tabulasi silang antara data utama dengan data penunjang. Dari hasil penelitian, diperoleh data bahwa sebagian besar konsumen Mira Beauty Skin Care Cabang Pasar Baru Bandung memiliki tipe True Loyalty (36.6%) dan No Loyalty (31.7%), sementara lainnya memiliki tipe Spurious Loyalty (17.1%) dan Latent Loyalty (14.6%). Peneliti mengajukan saran agar dilakukan penelitian mengenai keterkaitan antara Loyalitas Konsumen dengan status sosial dan kepercayaan diri konsumen ketika menggunakan produk. Untuk pihak Mira Beauty Skin Care disarankan agar melakukan beberapa pendekatan untuk mempertahankan maupun meningkatkan loyalitas konsumennya.