Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran kepuasan pada mahasiswa Fakultas Psikologi terhadap pelayanan yang diberikan oleh Fakultas Psikologi di Universitas X Bandung. Pemilihan sampel menggunakan metode stratified random sampling dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 225 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik survey. Alat ukur yang digunakan merupakan kuesioner yang dimodifikasi dari alat ukur Service Quality yang dikembangkan oleh Parasuraman, Berry, & Zeithaml (2006). Kuesioner terbagi menjadi dua bagian, yaitu Expected Service dan Perceived Service, yang masing-masing terdiri dari 53 pasang item. Berdasarkan hasil pengolahan data, sebanyak 186 mahasiswa (82,7%) tidak puas yang berarti mahasiswa menilai pelayanan yang diterima dari Fakultas Psikologi Universitas X tidak memenuhi harapan mereka, 33 mahasiswa (14,6%) puas yang berarti mahasiswa menilai pelayanan yang diterima dari Fakultas Psikologi Universitas X telah melebihi harapan mereka, dan 6 mahasiswa (2,7%) netral dimana mereka menilai pelayanan yang diterima dari Fakultas Psikologi Universitas X telah memenuhi harapan mereka. Peneliti mengajukan saran agar dilakukan penelitian mengenai hubungan faktor harga dengan kepuasan pelanggan. Selain itu juga saran bagi Fakultas Psikologi Universitas X Bandung untuk mengevaluasi dan meningkatkan kualitas pelayanannya, khususnya pada dimensi assurance, responsiveness, dan empathy.