Penyusunan Modul Pelatihan Orientasi Masa Depan Bidang Pekerjaan Terhadap Remaja SMA yang tinggal di Panti Asuhan X Bandung
Daftar Isi:
- Tesis ini berisi penelitian mengenai rancangan suatu modul pelatihan Orientasi Masa Depan bidang Pekerjaan. Modul pelatihan ini memiliki tujuan untuk memberikan kejelasan mengenai Orientasi Masa Depan bidang Pekerjaan terhadap remaja SMA yang tinggal di Panti Asuhan X Bandung. Adapun yang menjadi sampel penelitian ini adalah remaja SMA yang tinggal di Panti Asuhan X Bandung. Sampel penelitian berjumlah sebelas responden. Metode yang dipakai dalam pelatihan ini adalah experiential learning dari Walter & Marks (1981), yang menggunakan lecture, games, diskusi, dan written test sebagai medianya. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh hasil adanya perubahan pola pikir responden dari yang semula tidak jelas menjadi jelas mengenai pentingnya memiliki Orientasi Masa Depan bidang Pekerjaan, ini tampak dari bertambahnya pengetahuan serta adanya kesadaran responden untuk mulai menentukan jenis pekerjaan secara spesifik dan mereka mulai belajar untuk membuat perencanaan tentang pekerjaan tersebut. Modul pelatihan Orientasi Masa Depan bidang Pekerjaan ini dinilai positif oleh responden, baik dari segi isi materi, metode, instruktur/fasilitator dan fasilitas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa modul pelatihan ini sesuai untuk diterapkan pada responden karena dapat membantu responden memberikan kejelasan mengenai apa yang harus dilakukan untuk menghadapi masa depan kerja. Saran yang dapat diberikan untuk pelatihan ini adalah perlu dilakukan monitoring dan konsultasi secara kontinu terhadap responden untuk melihat perkembangan setelah mengikuti pelatihani. Selain itu, modul pelatihan ini perlu diujicobakan terhadap remaja SMA yang tinggal di Panti Asuhan pada tempat lain sehingga lebih jelas apakah model modul pelatihan seperti ini yang tepat.