Daftar Isi:
  • Berdasarkan pengalaman magang di sekolah Bintang Mulia sebagai asisten guru di Bunny class, saya memutuskan untuk membahas mengenai kesulitan saya dalam bercerita menggunakan bahasa Inggris kepada anak-anak umur 3 tahun. Oleh karena itu Tugas Akhir ini membahas berbagai penyebab, dampak masalah, dan beberapa solusi yang saya dapatkan dari studi pustaka dan pengalaman magang saya. Ada beberapa penyebab dari masalah tersebut. Pertama adalah saya tidak memiliki pengalaman dalam bercerita menggunakan bahasa Inggris kepada anak-anak. Kedua, saya tidak mengetahui bagaimana bercerita menggunakan bahasa Inggris secara efektif. Ketiga, saya tidak menggunakan intonasi, ekspresi wajah, dan gerakan pada saat bercerita. Hal ini berdampak pada saya yaitu saya menjadi sedih karena anak-anak tidak memperhatikan saya. Kedua, situasi kelas yang menjadi ribut pada saat saya bercerita. Ketiga, anak-anak tidak mengerti cerita tersebut. Selain itu, saya juga menganalisa beberapa pilihan solusi yang sesuai dengan permasalahan saya. Solusi-solusi tersebut juga disertai dengan beberapa dampak positif dan dampak negatif. Solusi yang tepat untuk memecahkan masalah yang terjadi pada saat saya bercerita di Bunny class adalah saya belajar bagaimana bercerita dalam bahasa Inggris dengan membaca buku dan membaca artikel di internet. Selain itu, saya melakukan observasi saat mengamati guru yang berpengalaman bercerita kepada anak-anak dan saya juga berlatih sebelum bercerita. Pada saat bercerita, saya menggunakan ekspresi wajah, intonasi, dan gerakan. Selain itu, saya mengulang cerita guna membantu anak-anak untuk mengingat dan mengerti cerita tersebut.