Daftar Isi:
  • Manajemen laba merupakan upaya yang disengaja oleh manajer untuk mengintervensi atau mempengaruhi informasi-informasi dalam laporan keuangan dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan pribadi. Tidak konsistennnya hasil penelitian-penelitian terdahulu menarik peneliti untuk melakukan pengujian kembali. Tujuan dari penelitian ini adalah meneliti pengaruh kepemilikan manajerial, proporsi dewan komisaris, reputasi auditor dan keberadaan komite audit terhadap manajemen laba. Penelitian ini menggunakan data empiris dari Bursa Efek Indonesia dengan sampel sebanyak 40 perusahaan manufaktur periode 2008-2010. Model analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Berdasarkan hasil pengujian, ditemukan bahwa variabel yang mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap manajemen laba adalah variabel reputasi auditor yang diproksikan dengan KAP Big 4 dan KAP Non Big 4. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa KAP Big 4 lebih berkualitas dalam mendeteksi berlakunya manajemen laba dalam perusahaan. Variabel kepemilikan manajerial, proporsi dewan komisaris, dan keberadaan komite audit tidak terbukti mempunyai pengaruh terhadap manajemen laba.