Daftar Isi:
  • PT.Telkom,Tbk merupakan perusahaan penyelenggara informasi dan telekomunikasi serta penyedia jasa dan jaringan telekomunikasi secara lengkap yang terbesar di Indonesia yang menyediakan jasa telepon bergerak, data & internet dan network & interkoneksi baik secara langsung maupun melalui perusahaan asosiasi dan telah go public. Setelah go public PT.Telkom diharapkan mampu menunjukan kinerja dan pelayanan yang lebih baik lagi. Akan tetapi pada ikhtisar laporan keuangannya, menunjukkan penurunan masalah dengan pendapatan di tahun 2010-2011 yaitu : Pendapatan Telepon Selular; Pendapatan Telepon Tidak Bergerak; dan Pendapatan Interkoneksi. Oleh karena itu, PT.Telkom perlu menaruh perhatian khusus terhadap mutu atau kualitas. Penelitian dilakukan di PT.Telkom, tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan prinsip Total Quality Management dan penerapan Total Quality Management apakah telah sesuai atau tidak, serta apakah terdapat pengaruh antara penerapan Total Quality Management terhadap efektivitas pendapatan operasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kausal komparatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh dengan cara penyebaran kuesioner, kemudian data diolah dianalisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan, dengan tingkat kekuatan hubungan yang kuat dari Penerapan Total Quality Management (X) terhadap Efektivitas Pendapatan Operasi (Y) yaitu sebesar 75,45%, sedangkan 24,55% sisanya merupakan pengaruh dari variabel lainnya yang tidak diamati.