Handling The Difficulties In Motivating A Three-Years Old Child At TK Paulus
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis penyebab dan akibat dari masalah kurangnya motivasi belajar pada seorang siswa Taman Kanak-Kanak Paulus, tempat dimana saya melakukan kegiatan magang. Kurangnya motivasi belajar anak berusia tiga tahun tersebut disebabkan karena ia lebih suka bermain daripada belajar, malas belajar di kelas, bertindak apatis, dan orangtuanya kurang peduli terhadap perkembangan pendidikannya. Hal ini menyebabkan ia tidak dapat mengingat materi yang diajarkan oleh guru, memiliki nilai yang buruk dalam tugas dan ulangan, dan membuat kegiatan belajar anak yang lain di kelas menjadi terganggu. Untuk mengatasi masalah kurang nya motivasi dalam belajar pada seseorang siswa, saya menyarankan kombinasi tiga solusi potensial yang dapat digunakan dalam menyelesaikan masalah kurangnya motivasi belajar dalam diri anak berusia tiga tahun tersebut. Pertama dengan metode mengajar yang kreatif, kedua dengan memberikan hadiah pada saat anak berusia tiga tahun tersebut mendapatkan prestasi yang baik, dan ketiga, guru mengadakan pertemuan dengan orangtua untuk menyampaikan kepada mereka mengenai kurangnya motivasi belajar anak berusia tiga tahun tersebut di dalam kelas.