Pengaruh Kompensasi terhadap Motivasi Karyawan dalam Pencapaian Target Penjualan
Daftar Isi:
- Masalah yang di teliti dalam skripsi ini adalah seberapa besar pengaruh dari kompensasi terhadap motivasi karyawan dalam pencapaian target penjualan pada bagian penjualan PT Mitra Bandung Consortium. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompensasi terhadap motivasi karyawan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data adalah studi lapangan melalui kuisioner ditunjang dengan observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Populasi sasaran adalah seluruh karyawan pada bagian penjualan di PT Mitra Bandung Consortium, dimana seluruh anggota populasi diteliti sebagai penelitian sensus. Variabel penelitian terdiri dari kompensasi sebagai variable bebas dan motivasi karyawan dalam pencapaian target penjualan sebagai variable terikat. Dimana kompensasi dibagi lagi menjadi kompensasi langsung dan tidak langsung. Hipotesis penelitian diuji secara sensus dengan menggunakan analisis path (Path Analysis) yang menyatakan hubungan antar variable. Dari hasil penelitian, penulis dapat menyimpulkan bahwa kompensasi berpengaruh positif terhadap motivasi karyawan dalam pencapaian target penjualan PT Mitra Bandung Consortium berdasarkan hasil analisis melalui program SPSS, diperoleh koefisien determinasi R2 = 0.6473 atau sebesar 64.73%, sedangkan pengaruh luar atau kekeliruannya sebesar 35.27%. Dengan persentase koefisien determinasi model Motivasi Karyawan Dalam Pencapaian Target Penjualan yang lebih besar dari 60%, maka dapat diambil kesimpulan bahwa model yang dibentuk termasuk dalam kategori cukup baik. Hasil ini menunjukan adanya pengaruh positif yang sangat kuat dari kompensasi terhadap motivasi karyawan dalam pencapaian target penjualan.