Daftar Isi:
  • Initial Public Offering (IPO) merupakan kegiatan yang dilakukan perusahaan dalam rangka penawaran umum penjualan perdana. Saham-saham yang tercatat di pasar perdana pada umumnya diminati investor karena memberikan initial return. Return ini mengindikasikan terjadinya underpricing saham dipasar perdana ketika masuk pasar sekunder. Underpricing adalah kondisi dimana harga saham pada waktu penawaran perdana relatif terlalu murah dibandingkan dengan harga dipasar sekunder. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis variabel-variabel yang mempengaruhi terjadinya underpricing pada perusahaan yang melakukan IPO di Bursa Efek Jakarta periode 2008-2010. Sampel penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini sebanyak 45 perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan apakah terjadi underpricing dalam penawaran saham perdana. Ternyata dari hasil penelitian, tidak ada pengaruh yang signifikan dari reputasi underwriter, reputasi auditor, dan umur perusahaan dengan tingkat underpricing pada perusahaan yang listing di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2008-2010.