Pengaruh Penerimaan Pajak Reklame terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bandung (Studi Kasus pada Pemda Bandung)
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh penerimaan pajak reklame terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bandung, yang dilakukan pada Pemerintah Daerah Kota Bandung Jl. Wastukencana no 2. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif analisis. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa dokumen atau catatan, yaitu laporan realisasi penerimaan pajak reklame dan Pendapatan Asli Daerah kota Bandung tahun 2010. Pengujian data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier, dan perhitungan dilakukan secara manual. Hasil penelitian ini dengan menggunakan koefisien korelasi Pearson diperoleh hasil sebesar 0,343 yang bersifat rendah tapi pasti. Analisa koefisien determinasi yang menunjukkan besarnya kontribusi penerimaan pajak reklame terhadap Pendapatan Asli Daerah sebesar 11,76%. Dan hasil uji signifikan t diperoleh t hitung sebesar 1,155 < t tabel 2,228 yang berada di daerah diterimanya Ho yang membuktikan bahwa pajak reklame tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) kota Bandung.