Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan e-SPT yang dilakukan oleh pemerintah berpengaruh positif terhadap kepuasan Wajib Pajak yang merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan penerapan e-SPT. Penelitian studi kasus menggunakan bentuk penelitian survei dengan menggunakan kuesioner sebagai alat penelitian yang disebar kepada Wajib Pajak yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama bandung Bojonagara, sampel dalam penelitian diambil secara random sampling. Objek penelitian ini adalah Wajib Pajak yang menerapkan dan menggunakan e-SPT. Pengujian yang dilakukan terhadap instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Pengolahan data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dengan teknik analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa penerapan e-SPT memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kepuasan Wajib Pajak. Penerapan e-SPT memiliki pengaruh sebesar 73,83% sedangkan kepuasan Wajib Pajak memiliki pengaruh sebesar 76,6%, artinya penerapan e-SPT yang baik akan meningkatkan kepuasan Wajib Pajak terbukti dari hasil penelitian sebesar 11,5%.