Daftar Isi:
  • Penjualan merupakan unsur yang mempunyai peranan penting bagi perusahaan, karena dari aktivitas inilah perusahaan memperoleh pendapatan yang akan digunakan sebagai sumber biaya bagi kelangsungan hidup perusahaan. Oleh karena itu, manajemen perlu pengendalian internal yang baik terhadap aktivitas penjualan agar pelaksanaan tersebut dilakukan secara efektif dan efisien. Salah satu bentuk pengendalian adalah audit internal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan audit internal, pelaksanaan pengendalian atas penjualan, dan peranan audit internal dalam menunjang efektivitas pengendalian penjualan. Hipotesis penelitian ini adalah “Audit internal yang memadai dapat menunjang efektivitas pengendalian penjualan”. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yang meliputi kuesioner dan wawancara kepada pihak yang bersangkutan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, penulis menyimpulkan bahwa audit internal pada PT. BAIK sangat berperan dalam menunjang efektivitas pengendalian penjualan.