Studi Deskriptif Mengenai Self-Regulation Akademik Pada Siswa Kelas XII SMA 'X' Kota Bandung
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Self-Regulation Akademik pada siswa kelas XII SMA ‘X’ kota Bandung. Sesuai dengan maksud dan tujuan penelitian, maka rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian deskriptif dengan teknik survei. Populasi sasaran adalah seluruh siswa kelas XII SMA ‘X’ kota Bandung sebanyak 206 siswa. Alat ukur yang digunakan adalah Academic Self-Regulation Questionnaire (SRQ-A) yang disusun oleh Deci and Ryan dan terdiri dari 32 item. Berdasarkan uji validitas dengan menggunakan rumus korelasi Rank Spearman dan uji reliabilitas dengan menggunakan rumus kofisien reliabilitas Alpha Cronbach diperoleh 32 item yang diterima, dengan validitas berkisar 0.377-0.813 dan reliabilitas sebesar 0.8848. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh data bahwa sebanyak 44.2% siswa memiliki introjected regulation akademik, 33.5% siswa memiliki intrinsic regulation akademik, 11.6% siswa memiliki identified regulation akademik, dan 10.7% siswa memiliki external regulation akademik. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti mengajukan saran kepada siswa kelas XII SMA ‘X’ agar membentuk kelompok belajar untuk mengembangkan kemampuan kompetensi yang akan mengarahkan pada regulasi yang lebih intrinsik. Bagi para staf pengajar SMA ‘X’ Bandung untuk lebih memahami self-regulation akademik yang dimiliki siswanya. Sekolah mengadakan seminar atau training pengenalan diri dan lingkungan. Bagi orangtua siswa kelas XII SMA ‘X’ disarankan untuk lebih memberikan dukungan terhadap kegiatan belajar siswa, memberikan perhatian dan arahan namun secara bertahap memberi kebebasan dalam mengambil keputusan. Peneliti juga mengajukan saran agar dilakukan penelitian serupa dengan menghubungkan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap Self-Regulation Akademik seperti harapan orangtua dan sekolah terhadap kelulusan siswa.