Simulasi Pencarian Rute Terpendek Dengan Menggunakan Algoritma A* (A-Star)

Main Authors: Pasaribu, Novie Theresia Br., Setiadikarunia, Daniel, Gustriana, Agus
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://repository.maranatha.edu/759/1/Simulasi%20Pencarian%20Rute%20Terpendek%20dengan%20Menggunakan%20Algoritma%20A.pdf
http://repository.maranatha.edu/759/
Daftar Isi:
  • Pencarian rute terpendek merupakan suatu permasalahan yang sering muncul pada pengguna sarana transportasi, karena para pengguna sarana transportasi dalam melakukan perjalanan memerlukan solusi untuk mendapatkan rute atau jalur tempuh terpendek. Hal ini erat kaitannya dengan efisiensi waktu, biaya, serta tenaga yang dikeluarkan. Terdapat beberapa algoritma pencarian untuk menemukan solusi pencarian jarak terpendek, diantaranya adalah algoritma breadth first search, depth first search, best first search, A*, dan lain-lain. Algoritma A* (A-star) adalah merupakan suatu algoritma yang termasuk pada kategori metode pencarian yang memiliki informasi (informed search method). Algoritma A* menggunakan estimasi jarak terdekat untuk mencapai tujuan (goal) dan memiliki nilai heuristik yang digunakan sebagai dasar pertimbangan. Heuristik adalah kriteria, metoda, atau prinsip-prinsip untuk menentukan pilihan sejumlah alternatif untuk mencapai sasaran dengan efektif. Hasil pada penelitian ini adalah berupa realisasi program simulasi pencarian rute terpendek dari posisi asal ke posisi yang dituju (goal) yang direpresentasikan dalam bentuk matriks simpul (node) 5x5, dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0. Representasi visual dari Graf adalah dengan menyatakan obyek sebagai simpul, dan hubungan antara simpul dinyatakan dengan garis. Program simulasi ini memberikan kemudahan untuk menentukan rute terpendek yang akan dilalui dari posisi asal ke tujuan.