Manfaat Analisis Cost-Volume-Profit sebagai Alat Bantu Manajemen dalam Menentukan Laba Optimum pada PT. "X" Bandung
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul Analisis Cost-Volume-Profit sebagai Alat Bantu Manajemen Dalam Menentukan Laba Optimum. Penelitian ini didasari pada pemikiran bahwa pentingnya perhitungan Cost-Volume-Profit untuk membantu manajer dalam perencanaan dan pengambilan keputusan dalam menentukan laba optimum. Dalam analisis Cost-Volume-Profit, ada beberapa alat yang bermanfaat untuk perencanaan laba yaitu Contribution Margin, analisis Break Even Point, Margin of Safety, analisis target laba dan aplikasi manajerial dari analisis Cost-Volume-Profit. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah PT.”X” yang bergerak dalam industri knitting dan garmen yang memproduksi pakaian anak dan bayi di Bandung. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam melakukan penelitian ini adalah metode deskriptif analitis, yaitu metode yang mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis data sehingga dapat memberi gambaran yang cukup jelas atas objek yang diteliti. Metode ini dilakukan melalui observasi langsung ke perusahaan, wawancara, dan dokumentasi data perusahaan, serta studi kepustakaan. Dari penelitian yang telah dilakukan, analisis Cost-Volume-Profit sangat bermanfaat sebagai alat bantu manajemen PT.”X” untuk menentukan laba optimum. Analisis ini menjadi alat yang akurat dalam menentukan tingkat laba daripada perhitungan secara tradisional serta membantu pihak manajemen memutuskan alternatif mana sebaiknya dipilih untuk mencapai target laba yang direncanakan, dengan cara membandingkan volume penjualan yang harus dicapai pada tahun 2011 dengan tahun 2012.