Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh signifikan dari motivasi dan minat mahasiswa akuntansi dalam mengikuti pendidikan brevet terhadap pemahaman undang-undang perpajakan secara simultan dan parsial. Variabel dalam penelitian ini terdiri atas variabel bebas motivasi (X1), minat mahasiswa akuntansi dalam mengikuti pendidikan brevet (X2), dan variabel terikatnya adalah pemahaman undang-undang perpajakan (Y). Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis regresi berganda dan pengujian hipotesis dilakukan dengan uji F-statistik dan uji t-statistik pada tingkat signifikansi 5%. Hasil pengujian dengan uji F menunjukkan bahwa motivasi dan minat mahasiswa akuntansi mengikuti pendidikan brevet berpengaruh signifikan sebesar 31,1% terhadap pemahaman undang-undang perpajakan. Hasil pengujian dengan uji t menunjukkan bahwa Existences dan Relatedeness Needs tidak berpengaruh signifikan terhadap pemahaman undang-undang perpajakan dan Growth Needs berpengaruh signifikan terhadap pemahaman undang-undang perpajakan sebesar 15,45% hal ini mengindikasikan bahwa mahasiswa akuntansi dalam mengikuti pendidikan brevet untuk pemahaman undang-undang perpajakan didorong oleh keinginan untuk meningkatkan kualitas atau kemampuan dalam melaksanakan tugasnya dengan baik serta untuk dapat memiliki prestasi yang tinggi dalam pekerjaannya. Dan minat berpengaruh signifikan terhadap pemahaman undang-undang perpajakan sebesar 22,94% hal ini berarti bahwa mahasiswa tersebut mementingkan pemahan undang-undang perpajakan.