Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan akuntansi pertanggungjawaban terhadap efektivitas pengendalian biaya pemasaran. Berkenaan dengan hal tersebut, maka penelitian ini mencoba untuk mengidentifikasi apakah terdapat pengaruh penerapan akuntansi pertanggungjawaban terhadap efektivitas pengendalian biaya pemasaran dalam hotel bintang 4 dan 5 di Kota Bandung. Penulis menggunakan metode penelitian analisis deskriptif dengan mengumpulkan data, menganalisis dan menyusun hasil penelitian secara sistematis, dengan objek penelitian hotel bintang 4 dan 5 di Kota Bandung. Penulis mengumpulkan data melalui penyebaran kuesioner dan penelitian kepustakaan. Sampel diambil dengan menggunakan metode convenience sampling dengan jumlah sampel sebanyak 8 hotel. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t yaitu membandingkan nilai t hitung dan t tabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan akuntansi pertanggungjawaban pusat biaya berpengaruh terhadap efektivitas pengendalian biaya pemasaran. Hal ini didukung dengan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t yang menunjukkan bahwa t hitung sebesar 3,671 lebih besar dibandingkan t tabel sebesar 2,048, maka dengan hasil perbandingan tersebut artinya penerapan akuntansi pertanggungjawaban pusat biaya berpengaruh secara signifikan terhadap efektivitas pengendalian biaya pemasaran. Sehingga hipotesis “penerapan akuntansi pertanggungjawaban pusat biaya berpengaruh secara signifikan terhadap efektivitas pengendalian biaya pemasaran” dapat diterima.