Daftar Isi:
  • PT. Eltean Luhurkencana adalah perusahaan yang bergerak dibidang distributor produk Sebamed (produk perawatan kulit). Dirintis 10 tahun yang lalu yaitu sejak tahun 1996 hingga kini mengalami prosespemasaran yang modern hingga saat ini memiliki kantor-kantor representative di beberapa kota besar Indonesia khususnya di Pulau Jawa yaitu di Jakarta (kantor pusat), Bandung, Semarang dan Surabaya. Seiring dengan berkembangnya persaingan di dunia bisnis produk perawatan kulit PT. Eltean Luhurkencana harus dapatbersaing di antara perusahaan lain yang sejenis. Bauran Promosi (Promotion Mix) merupakan seperangkat alat promosi yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran. Aktivitas promosi merupakan salah satu keputusan penting bagi perusahaan, dengan promosi perusahaan dapat menyampaikan suatu informasi kepada para konsumen. Promosi merupakan suatu investasi jangka panjang untuk mendorong para konsumen melakukan pembelian produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuigambaran bentuk program bauran promosi pada PT. Eltean Luhurkencana, mengetahui sikap dan tanggapan pelanggan akan program bauran promosi yang dilakukan oleh PT. Eltean Luhurkencana, serta menguji besarnya pengaruh program bauran promosi yang dilakukan oleh PT. Eltean Luhurkencana terhadap minat beli dalam meningkatkan penjualan produk sebamed. Dengan metode pendekatan survei dan pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin, diperoleh sampel sebanyak 100 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan kuisioner, maka didapat data hasil program bauran promosi yang dilakukan PT. Eltean Luhurkencana dan hasil penjualan. Kemudian data tersebut dianalisis secarakualitatif dan kuantitatif untuk mengetahui tanggapan responden mengenai program bauran promosi yang berkaitan dengan minat beli. Program bauran promosi (variabel X1-X5);(periklanan, promosi penjualan, penjualan pribadi, hubungan masyarakat, pemasaran langsung) merupakan variabel independen yang berisi tanggapan responden mengenai program bauran promosi yang dilakukan oleh PT. Eltean Luhurkencana. Minat beli (variabel Y) merupakan variabel dependen yang berisi tanggapan responden mengenai minat beli. Selanjutnya untuk melihat hubungan antara program bauran promosi dan minat beli ini dilakukan pengujian. Dari hasil pengolahan data didapat analisis regresi linier berganda sebagai berikut: Y= 2.187 + 0.220X1 + 0.823X2 + 0,260X3 + 0.648 X4 + 0.610X5. Korelasi antara program bauran promosi dengan minatbeli pada produk sebamed kuat dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,823.Besarnya pengaruh program bauran promosi terhadap minat beli sebesar 89,6 %, sedangkan 11,4% dipengaruhi faktor lain. Dan karena nilai signifikansi <α, makaHo ditolak, artinya terdapat hubungan yang positif antara program bauran promosidengan minat beli pada produk sebamed. Jadi dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif antara program bauran promosi terhadap minat beli.