Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui gambaran mengenai achievement goal orientation yang dominan dimiliki oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran angkatan 2006 di universitas “X” Bandung selama menempuh jenjang pendidikan strata satu ilmu kedokteran yang saat ini menggunakan sistem pembelajaran berbasis kompetensi. Teori Achievement goal orientation berasal dari social cognitife yang merupakan turunan dari teori goal yang mengemukakan mengenai motif berprestasi. Achievement goal orientation merupakan pola keyakinan/ belief yang terintergrasi mengenai tujuan atau alasan dalam belajar Ames (1992; dlm pintrich dan Schunk). Achievement goal orientation memiliki 4 tipe, yakni mastery goal orientation approach, mastery goal orientation avoidance, performance goal orientation approach, performance goal orientation avoidance. Alat ukur yang digunakan untuk menjaring informasi tentang ganbaran achievement goal orientation yang dominan dimiliki oleh mahasiswa fakultas kedokteran angkatan 2006 adalah kuesioner yang terdiri dari 12 item yang menggunakan skala semantic differential . Alat ukur tersebut di kembangkan oleh Elliot & Mc Gregor (2001) yang di terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh bapak Arief Darmanegara.Liem,Ph.D. Kesimpulan yang diperoleh adalah achievement goal orientation yang dominan dimiliki ialah mastery goal orientation approach dan mastery goal orientation avoidance.Ada faktor-faktor lainnya yang juga berpengaruh terhadap pembentukan achievement goal orientation. Peneliti mengajukan saran agar dilakukan penelitian korelasional mengenai tipe-tipe achievement goal orientation dengan faktor-faktor lain yang mempengaruhi pembentukan achievement goal orientation.