Daftar Isi:
  • Penjualan merupakan fungsi yang vital sekaligus cukup riskan dalam suatu organisasi. Maka dari itu diperlukannya suatu pengendalian internal atas penjualan. Namun dalam pelaksanaan pengendalian yang dilakukan oleh managemen tidak cukup efektif, sedangkan keefektifan pengendalian termasuk dalam pengendalian penjualan mempengaruhi keberlangsungan usaha perusahaan tersebut. Besarnya tanggung jawab atas suatu pengendalian internal tersebut menunjukkan bahwa perlunya suatu pengawasan atas pengendalian internal yang telah diterapkan, yang harus dilakukan oleh pihak yang memiliki pertimbangan profesional yaitu Auditor Internal. Peneltian ini dilakukan untuk mengetahui peranan auditor internal dalam menunjang efektivitas pengendalian penjualan dan mengetahui kememadaian pengendalian penjualan. Penelitian ini dilaksanakan pada kantor internal auditor dengan metode analisis diskriptif eksplanatory dan teknik library research dan field research dengan melakukan penelitian lapangan, penyebaran kuesioner, dan melakukan wawancara. Hasil penelitian yang peneliti peroleh atas variabel kualifkasi internal audit, pelaksanaan internal audit dan efektivitas pengendalian penjualan menunjukkan hasil persentase masing-masing sebesar 90,5%; 89,57%; dan 89,22%. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Audior Internal sangat berperan dalam menunjang efektivitas pengendalian penjualan.