Daftar Isi:
  • Dalam upaya peningkatan kinerja organisasi, keselarasan tujuan organisasi dan tujuan setiap individu yang ada di dalam organisasi merupakan hal penting. Sehubungan dengan itu, diperlukan sistem penilaian kinerja yang menggambarkan kondisi kinerja perusahaan yang akurat. Balanced Scorecard adalah salah satu alternative pengukuran kinerja yang bertujuan menggabungkan ukuran kinerja keuangan dan non-keuangan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pengukuran kinerja yang selama ini telah diterapkan oleh Bank BPR KS cabang Malabar dan untuk mengetahui penerapan metode Balanced Scorecard sebagai suatu alat untuk mengukur kinerja pada perusahaan. Objek penelitian ini dilakukan adalah Balanced Scorecard dan Sistem Pengukuran Kinerja. Lokasi penelitian ini dilakukan di PT. BPR KS Cabang Malabar. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus serta menggunakan penyebaran kuesioner dan studi kepustakaan sebagai pengumpulan data primer dengan pengambilan sampel sebanyak 30 orang. Kesimpulannya terdapat pengaruh yang signifikan antara Penerapan Balanced Scorecard terhadap Sistem Pengukuran Kinerja Perusahaan. Dari perhitungan nilai koefisien korelasi dengan menggunakan Pearson dapat disimpulkan bahwa variabel X (Penerapan Balanced Scorecard) dengan persentase pengaruh sebesar 46,51%, sedangkan sisanya sebesar 53,49% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diamati.