Daftar Isi:
  • Salah satu bagian kegiatan operasi yang penting dan utama dari sebuah perusahaan yaitu bagian penjualan. Penjualan yang dilakukan secara efisien dan efektif akan sangat bermanfaat dan mendukung dalam pencapaian tujuan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan audit operasional dalam menunjang efisiensi dan efektivitas penjualan. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah menilai kememadaian pelaksanaan audit operasional, kememadaian sistem penjualan yang diterapkan, serta kememadaian pelaksanaan audit operasional dalam penjualan. Judul yang ditarik dalam penelitian ini yaitu Peranan Audit Operasional dalam Menunjang Efisiensi dan Efektivitas Penjualan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan studi kasus pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Jl. Japati no.1 Bandung. Teknik pengumpulan data dengan dua cara yaitu studi lapangan dengan kuesioner, wawancara, dan observasi dan studi kepustakaan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan dievaluasi dengan cara membandingkannya dengan teori. Dari hasil perbandingan yang diperoleh, penulis mengidentifikasi peranan audit operasional dalam menunjang efisiensi dan efektivitas penjualan pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan audit operasional pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. telah sangat memadai, dan sistem penjualan Broadband Speedy pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. sangat memadai, serta audit operasional sangat berperan dalam menunjang efisiens dan efektivitas penjualan Broadband Speedy pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk.