Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan analisis cost-volume-profit sebagai alat bantu manajemen dalam perencanaan laba, dimana yang menjadi subjek penelitian adalah PT “X” yang berlokasi di Jalan Kopo Jaya I no.7 Bandung yang bergerak di bidang distribusi lem Fox untuk wilayah pemasaran Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif analitis. Berdasarkan hasil penelitian analisis cost-volume-profit dapat membantu manajemen dalam pengambilan keputusan bagi manajemen dalam perencanaan laba dimasa yang akan datang. Di mana, dengan menggunakan analisis cost-volume-profit dapat diperoleh beberapa alternatif tindakan yang dapat digunakan manajemen. Dengan menggunakan metode analisis cost-volume-profit dapat diketahui pula tingkat break even point perusahaan. Penelitian yang dilakukan memberikan hasil bahwa perusahaan telah melakukan penggolongan biaya ke dalam biaya tetap, biaya variabel dan biaya semivariabel. Dalam perencanaan labanya perusahaan perusahaan menganalisis laba berdasarkan hasil tahun sebelumnya, kondisi pasar, serta persaingan harga dengan distributor lain.Dari hasil penelitian diketahui bahwa perusahaan telah mencapai break even point dan memperoleh laba. Dari hasil penelitian yang dilakukan terdapat alternatif yang dapat memberikan laba yang maksimal bagi perusahaan yaitu sebesar Rp 2.061.873.652,- apabila perusahaan mampu meningkatkan volume penjualan sebesar 10% untuk setiap produk.