Daftar Isi:
  • Dengan berkembangnya dunia usaha yang semakin pesat maka persaingan usaha tidak dapat dihindari lagi, baik dalam sektor jasa, industri, maupun perdagangan. Agar dapat berkompetisi, pihak manajemen perusahaan dituntut untuk dapat mengelola kegiatan usahanya dengan seefektif dan seefisien mungkin agar dapat keuntungan yang optimal. Salah satu komponen penting dalam usaha memperoleh laba yang optimal adalah kegiatan penjualan. Untuk itu usaha perbaikan dan penyempuranaan aktivitas penjualan perlu dilakukan oleh manajemen perusahaan untuk mencapai tujuannya tersebut. Salah satu alat yang dapat digunakan sebagai alat bantu manajemen dalam rangka menilai efektivitas kegiatan penjualan adalah anggaran penjualan. Anggaran penjualan ini dapat digunakan sebagai salah satu tolak ukur keberhasilan manajemen dalam pengelolaan perusahaan dan sebagai alat pengendalian kegiatan penjualan di dalam perusahaan. Dalam skripsi ini, penulis memberikan kesimpulan bahwa penggunaan anggaran penjualan memiliki peranan penting dalam aktivitas perusahaan untuk meningkatkan efektivitas penjualan bagi perusahaan. Penelitian dilakukan pada PT. ”X” dan membatasi masalah pada anggaran penjualan sebagai alat bantu manajemen dalam meningkatkan efektivitas penjualan. Anggaran penjualan memberikan arah dan target yang harus dicapai oleh tenaga penjualan yang dimiliki perusahaan. Dengan mengetahui seberapa besar pengaruh anggaran penjualan terhadap efektivitas penjualan, pihak manajemen dapat mengetahui penyimpangan-penyimpangan yang terjadi. Penyimpangan yang terjadi kemudian dianalisis penyebabnya apakah penyimpangan itu dari faktor internal atau faktor eksternal. Perusahaan segera melakukan tindak lanjut agar dapat mengantisipasi masalah tersebut dan pengaruhnya terhadap terhadap operasi perusahaan di masa yang akan datang.