Peranan Job Order Costing Dalam Penetapan Harga Jual pada PT. Multi Garmenjaya
Daftar Isi:
- Dalam persaingan ekonomi yang semakin global dan kompetitif memberikan pengaruh baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap kondisi perekonomian Indonesia. Salah satu industri yang terkena efek dari globalisai ini adalah sektor industri garmen. Produk garmen Indonesia sudah diperhitungkan keberadaannya di pasar Internasional, sehingga produksi garmen tidak hanya ditujukan untuk memenuhi pasar dalam negeri tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan pasar di luar negeri. Serbuan garmen dari Cina dan krisis ekonomi yang berkepanjangan membuat industri garmen Indonesia mengalami keterpurukan. Agar mampu terus bersaing, maka perusahaan-perusahaan garmen ini disamping harus mneghasilkan produk-produk yang berkualitas yang sesuai dengan selera konsumen, juga harus mampu menjual dengan harga bersaing. Karena harga jual merupakan salah satu faktor penting dalam persaingan sehingga perhitungan harga pokok produk akan akurat mutlak diperlukan. Penulis melakukan penelitian pada PT. Multi Garmenjaya yang memproduksi pakaian jadi berdasarkan pesanan dimana produk yang dihasilkan bervarisai baik dari segi penggunaan bahan baku, model, dan tingkat kerumitannya. Dengan demikian, harga pokok produk untuk setiap pesanannya pasti akan berbeda-beda. Penelitian yang dilakukan menyangkut peranan Job Order Costing dalam menetapkan harga jual. Penulis menggunakan metode penelitian deskriptif analitis, yaitu metode penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan keadaaan perusahaan berdasarkan fakta dengan mengumpulkan data yang ada, mengolah dana menganalisis data tersebut. Tenik pengumpulan data yang dilakukan penulis antara lain: Penelitian lapangan, yang terdiri dari a)Wawancara; b)Observasi; c)Pengumpulan data; dan penelitian kepustakaan.