Pengaruh Audit Internal Terhadap Pencegahan Terjadinya Fraud (Kecurangan) Penjualan Perangko di PT. Pos Indonesia
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul “Pengaruh Audit Internal Terhadap Pencegahan Fraud Yang Terjadi Dalam Penjualan Perangko Pada PT.POS Indonesia Bandung”, bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peranan dan fungsi audit internal dalam pencegahan fraud (kecurangan) yang dapat terjadi dalam penjualan perangko dengan menggunakan 9(Sembilan) variabel identifikasi (independensi, kompetensi, ruang lingkup pemeriksaan, pelaksanaan audit internal, rencana pemeriksaan, pengujian dan pengevaluasian, pelaporan, tindak lanjut dan manajemen bagian audit internal). Penulisan ini menggunakan kuesioner sebagai data primer dan data penjualan perangko sebagai data sekunder. Kuesioner disebarkan kepada 35 responden (manajer maupun staf yang terkait dengan ruang lingkup objek audit). Hasil pengisian kuesioner kemudian diolah dengan menggunakan analisis reliabilitas, regresi dan koefisien determinasi pada program SPSS. Hasil analisis reliabilitas menunjukkan pemenuhan syarat uji validitas dengan menghasilkan nilai Alpha sebesar 0.687. Sedangkan pada analisis regresi menunjukkan bahwa variabel yang paling signifikan berpengaruh terhadap pengaruh dilakukan audit internal pada perusahaan dalam upaya pencegahan fraud terkait dengan penjualan perangko di PT. Pos Indonesia Bandung adalah rencana pemeriksaan dengan persentase sebesar 36.9% yang ditunjukkan pada nilai tpenelitian sebesar 3.023 dan tabel sebesar 2.094. Nilai koefisien determinasi sebesar 75.2% menunjukkan bahwa kesesuaian kegiatan audit internal dalam upaya pencegahan fraud terkait penjualan perangko di PT. Pos Indonesia Bandung dipengaruhi oleh faktor–faktor independensi, kompetensi, ruang lingkup pemeriksaan, pelaksanaan audit internal, rencana pemeriksaan, pengujian dan pengevaluasian, pelaporan, tindak lanjut, dan manajemen bagian audit internal, sedangkan sisanya sebesar 24.8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar kesembilan faktor dimaksud.