Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran komponen komitmen organisasi pada anggota multilevel marketing level distributor terhadap perusahaan “X” di kota Bandung. Sampel yang menjadi sasaran penelitian ini berjumlah 100 orang yang merupakan anggota multilevel marketing level distributor di perusahaan “X” di kota Bandung. Rancangan penelitian adalah studi deskriptif dengan menggunakan metode survey. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Alat ukur yang digunakan adalah OCQ yang disusun oleh Meyer & Allen (1997) dan telah dimodifikasi oleh peneliti. Berdasarkan hasil uji validitas dengan menggunakan rumus korelasi Spearman dan uji reliabilitas dengan menggunakan rumus koefisien reliabilitas Alpha Cronbach, diperoleh bahwa sebanyak 23 item dapat dipakai, dengan validitas berkisar antara 0.343 - 0.734 dan reliabilitas sebesar 0.8541. Sebanyak 52 % anggota MLM “X” level distributor memiliki affective commitment yang kuat. Hal ini menunjukkan anggota level distributor bergabung di perusahaan karena mereka menginginkannya (want to do). Di samping itu, sebanyak 65% anggota MLM “X” level distributor memiliki continuance commitment yang menunjukkan bahwa mereka merasa tidak adanya kerugian apabila meninggalkan perusahaan MLM ”X”. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti mengajukan saran kepada perusahaan dengan menyediakan para trainer yang dapat memberikan materimateri training dengan lebih jelas atau menarik sehingga dapat dipahami dan dimengerti dengan mudah oleh anggota level distributor. Perusahaan pun dapat menyampaikan informasi kepada para upline untuk dapat membantu dan mendampingi anggota level distributor ketika mengikuti pelatihan atau training di perusahaan MLM “X.