Daftar Isi:
  • Akuntansi merupakan salah satu jurusan di fakultas ekonomi yang banyak diminati oleh mahasiswa saat ini. Pendidikan akuntansi harus menghasilkan akuntan yang profesional sejalan dengan perkembangan kebutuhan akan jasa akuntansi pada abad mendatang. Pada tahun 2001, melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 179/U/2001 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAK), setiap mahasiswa yang lulus dari jurusan akuntansi tidak secara otomatis mendapatkan gelar akuntan (Ak)terhitung sejak 31 Agustus 2004. Mahasiswa akuntansi tahun terakhir membutuhkan masukan dari para pendidik dalam perencanaan karir agar masa studi mereka dapat dimanfaatkan secara efektif. Mahasiswa akuntansi dapat menentukan karir mereka untuk menjadi akuntan publik dengan melanjutkan studi di PPAk atau memilih untuk menjalani profesi selain akuntan publik. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) terhadap minat dan persepsi mahasiswa tingkat akhir pada karir sebagai Akuntan Publik. Penelitian dilakukan di Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Maranatha Bandung. Objek penelitian ini adalah pengaruh Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) terhadap minat dan persepsi mahasiswa jurusan akuntansi tingkat akhir pada karir sebagai akuntan publik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan survei. Metode pengumpulan data primer yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan cara melakukan observasi dan membagikan kuesioner. Data sekunder diperoleh dengan menggunakan metode penelitian kepustakaan dengan cara membaca, mempelajari, dan menelaah literatur-literatur yang berhubungan dengan objek yang diteliti. Terdapat dua hipotesis dalam penelitian ini, yaitu Pendidikan Profesi Akuntansi berpengaruh terhadap Minat Mahasiswa Tingkat Akhir Pada Karir Sebagai Akuntan Publik, dan Pendidikan Profesi Akuntansi berpengaruh terhadap Persepsi Mahasiswa Tingkat Akhir Pada Karir Sebagai Akuntan Publik.Untuk menguji hipotesis yang diajukan digunakan uji t, dimana nilai korelasi diperoleh dengan rumus Spearman. Berdasarkan hasil skoring pendidikan profesi akuntansi berada pada kategori sangat tinggi, minat mahasiswa tingkat akhir pada karir sebagai akuntan publik berada pada kategori sangat tinggi, persepsi mahasiswa tingkat akhir pada karir sebagai akuntan publik berada pada kategori sangat tinggi. Pengaruh pendidikan profesi akuntansi terhadap minat mahasiswa tingkat akhir pada karir sebagai akuntan publik adalah sebesar 11,02%, namun pengaruhnya tidak signifikan. Pengaruh pendidikan profesi akuntansi terhadap persepsi mahasiswa tingkat akhir pada karir sebagai akuntan publik adalah sebesar 20,52%, dan pengaruhnya adalah signifikan.