Perancangan Interior Museum Wine Dengan tema "Luxurious Europe"
Daftar Isi:
- Seiring dengan perkembangan negara Indonesia, banyak wisatawan asing datang berkunjung ataupun kemudian tinggal menetap. Salah satu wisatawan asing yang datang kemudian menetap adalah para wisatawan dari negara-negara Eropa. Secara otomatis mereka membawa budaya mereka masuk ke Indonesia. Salah satunya adalah budaya wine sebagai bagian kehidupan sehari-hari masyarakat Eropa yang sudah berlangsung sejak ratusan tahun lalu. Namun bagi masyarakat Indonesia, wine lebih merujuk pada arti negatif yang berhubungan dengan kebiasaan bermabuk-mabukan. Paradigma ini lebih dipicu karena sedikitnya pengetahuan tentang wine. Senyawa alkohol yang terdapat di dalam wine menjadi pemicu mengapa wine disamaratakan dengan minuman beralkohol lainnya. Padahal wine memiliki manfaat lain selain hanya dijadikan sebagai minuman pendamping makanan. Pendapat yang salah tentang budaya wine sudah sepatutnya harus diluruskan. Sebaiknya ada sarana yang dapat memfasilitasi masyarakat Indonesia untuk mempelajari esensi dari wine yang sesungguhnya. Dalam hal ini, perancangan sebuah museum wine merupakan sarana pembantu untuk mensosialisasikan budaya wine. Sebuah museum wine dapat memberikan pengetahuan secara mendalam tentang seluruh wine mulai dari proses pembuatan sampai manfaatnya bagi manusia.