Pengaruh Audit Internal Terhadap Efektivitas Pengendalian Internal Penjualan (Studi Kasus Pada PT Tempo, Bandung)
Daftar Isi:
- Dari tahun ke tahun dunia usaha semakin berkembang dengan cepat, ini menyebabkan perusahaan-perusahaan saling berlomba untuk mendapatkan pangsa pasar yang lebih besar sehingga menimbulkan persaingan yang semakin ketat. Dalam situasi seperti ini, perusahaan memerlukan suatu sistem untuk mendeteksi setiap masalah yang ada. Setiap perusahaan tentunya ingin memiliki pengendalian internal penjualan yang efektif dan memadai, maka dari itu perlu dilakukan pengawasan oleh bagian yang independent yaitu audit internal. Auditinternal diadakan dalam organisasi bertujuan untuk memperbaiki kinerja organisasi secara keseluruhan dan membantu manajemen dalam melaksanakan tugasnya melakukan pemberian saran yang berguna untuk memperbaiki kinerja disetiap tingkatan manajemen. Berdasarkan pemikiran diatas penulis tertarik melakukan penelitian pada PT. Tempo, yaitu sebuah perusahaan swasta yang bergerak sebagai distributorobat dan consumer goods.Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif analistis dengan pendekatan studi kasus dan analisis statistik. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner, wawancara dan observasi. Hasil dari pengujian statistik dengan uji KoefisienKorelasi Spearman yang dilakukan atas 30 responden didapat nilai korelasi sebesar 0.873 dan nilai signifikan yang didapat melalui hasil SPSS sebesar 0.000, makakita dapat menolak Ho karena nilai signifikansi < α (α = 0.05). Hal ini menyatakan bahwa audit internal mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap efektivitas pengendalian internal penjualan. Besarnya pengaruh tersebut sebesar 76,21% dan sisanya oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.